Sejarah Sistem Gaming Konsol Video Melalui Tujuh Generasi

Sistem video game adalah perangkat elektronik interaktif yang digunakan untuk bermain gim video di komputer pribadi.

Kehormatan sebagai game konsol video pertama terletak pada Magnavox Odyssey yang ditemukan oleh Ralph H. Baer pada tahun 1972. Game ini hanya sukses dengan tingkat sedang dan segera berhasil di populerkan oleh 'Pong' yang merupakan game arcade yang dirilis oleh Atari. Oleh karena itu, dua game ini bersama dengan para penerus dekatnya seperti Odyssey 100, Odyssey 200, Smash and Sears yang membentuk generasi pertama sistem permainan konsol video di dunia. Ini diikuti oleh game generasi kedua pada tahun 1976 dan ini dilengkapi dengan Video Entertainment System (VES) yang terdiri dari kartrid bersama dengan ROM untuk menyimpan instruksi.

Generasi ketiga dari sistem permainan konsol video muncul setelah hiatus yang panjang pada tahun 1983 setelah menyaksikan dua kecelakaan besar. Generasi ini menandai munculnya perusahaan Jepang Nintendo ke pasar dalam bentuk NES, sistem hiburan Nintendo pada tahun 1985 serta game hitnya Super Mario Bros. Generasi keempat tidak menyaksikan rilis dari game tertentu tetapi melihat peningkatan dalam kapasitas penyimpanan serta teknologi berkaitan dengan game konsol video. Game konsol video generasi kelima adalah Atari Jaguar, 3DO, Nintendo 64, PlayStation oleh Sony serta Sega Saturn.

Generasi keenam mungkin adalah generasi paling revolusioner yang berkaitan dengan industri video game konsol seperti pada generasi ini bahwa DVD digunakan untuk penyimpanan untuk pertama kalinya di media game. Itu juga selama generasi ini bahwa tiga dari game konsol video yang paling populer dirilis yaitu PS2 oleh Sony, Xbox oleh Microsoft dan GameCube oleh Nintendo. Game konsol video ini lebih maju dalam generasi saat ini yaitu generasi ketujuh tetapi masih mempertahankan popularitas mereka sebagai konsol game yang paling dicari di dunia. Konsol game terkemuka di ketujuh, yang juga merupakan generasi terbaru adalah PS3 oleh Sony, Xbox 360 oleh Microsoft dan Wii oleh Nintendo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *