Categories Uncategorized

Foto Udara Versus Citra Satelit – Apakah Citra Satelit Diganti Fotografi Udara?

Dalam sepuluh tahun terakhir kita telah melihat perkembangan spektakuler dalam kejelasan dan ketersediaan citra satelit. Microsoft dan Google adalah contoh perusahaan yang sekarang menawarkan citra satelit publik, juga dikenal sebagai gambar penginderaan jauh. Sementara gambar-gambar ini menarik dan dalam banyak kasus berpotensi bermanfaat, beberapa orang mempertanyakan apakah perkembangan ini berarti akhir dari foto udara tradisional. Jawabannya adalah "Tidak, foto udara hidup dan sehat."

Salah satu alasan fotografi udara tetap menjadi alat yang berharga adalah karena resolusinya yang superior. Khususnya dengan munculnya peralatan digital komersial, platform udara menyediakan gambar beresolusi sangat tinggi, sedangkan resolusi satelit tetap dibatasi oleh teknologi dan hukum Federal. Pada tahun 1999, satelit komersial dapat menangkap resolusi satu meter dalam warna hitam dan putih, dan agak kurang detail dalam warna. Artinya, detail terkecil yang dapat ditangkap dan digambarkan dengan jelas setidaknya berukuran satu meter. Ada desas-desus populer bahwa satelit militer dapat membaca plat nomor kendaraan dari luar angkasa, dan itu mungkin berlebihan, tetapi tidak masalah meskipun itu benar. Anda, sebagai warga negara pribadi, tidak dapat membeli atau menggunakan gambar itu. Hukum saat ini membatasi resolusi citra satelit yang tersedia secara komersial menjadi 0,5 meter. Itu berarti bahwa detail terkecil yang dapat digambarkan dengan jelas setidaknya 0,5 meter, atau 19,5 inci. Foto udara dalam resolusi digital tertinggi yang diambil dari 1000 kaki di atas tanah kira-kira lima kali lebih baik daripada citra satelit terbaik yang tersedia secara komersial.

Perbedaan lain antara foto foto udara dan citra satelit adalah ketepatan waktu dan ketersediaan gambar. Satelit komersial mengorbit bumi dari sekitar 400 mil di atas permukaan laut rata-rata. Mereka mengorbit dalam pola dan kecepatan yang memungkinkan mereka untuk melewati titik yang sama di bumi sekitar sekali setiap tiga hari. Ini baik-baik saja untuk survei dan pemetaan. Biasanya tidak memungkinkan untuk menangkap peristiwa. Secara umum, bumi tertutup sekitar 60 persen dari permukaannya pada waktu tertentu. Siklus tiga hari untuk satelit untuk terbang lebih dari satu titik dapat berarti bahwa itu dapat mengambil dari beberapa hingga beberapa lusin siklus sebelum sebuah bidikan yang jelas tersedia. Penerbangan udara juga terkena cuaca, tetapi pesawat terbang bisa terbang di bawah awan dan tersedia untuk peluncuran fotografi kapan saja antara matahari terbit dan terbenam. Keterbatasan fotografi udara karena cuaca umumnya hanya beberapa hari, tidak biasanya berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Salah satu keunggulan fotografi udara memiliki lebih dari citra satelit adalah aspek kreatif komposisi. Citra satelit umumnya diambil dari overhead langsung. Citra satelit dapat diambil dari sudut miring tetapi ini memperkenalkan jarak tambahan dari target dan membutuhkan reposisi sudut kamera satelit. Foto udara, sebaliknya, umumnya diambil dari sudut miring. Hal ini memungkinkan seseorang untuk memotret dari semua sisi dan pada ketinggian yang berbeda, memperkenalkan komposisi bervariasi dan utilitas yang ditingkatkan. Ada juga faktor cahaya dalam komposisi foto. Satelit menggunakan cahaya apa saja yang tersedia pada saat melewati targetnya. Dalam sesi fotografi udara, fotografer memilih cahaya yang paling sesuai dengan komposisi gambar target. Jumlah sinar matahari, sudut cahaya, bayang-bayang yang dihasilkan cahaya dan waktu dari hari semua berkontribusi pada foto yang berguna dalam menyampaikan informasi dan estetis.

Citra satelit tidak diragukan lagi akan berevolusi dalam kemampuannya untuk mendokumentasikan, memetakan dan survei dalam berbagai spektrum cahaya. Ini adalah mode pencitraan yang semakin menarik. Namun, fotografi udara tetap menjadi mode superior untuk menangkap gambar dari udara di mana arah, sudut, komposisi, dan ketepatan waktu ketersediaan merupakan persyaratan utama dalam menangkap gambar target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *