Categories Uncategorized

 Dari Gipsi, Tramps, dan Pencuri ke Diktator, Pesenam, dan Yatim Piatu – Gambar Orang Rumania

Seseorang dapat dengan mudah bersimpati dengan kegairahan Alexandra Toma, yang dijelaskan pada tahun 2005 oleh harian Rumania, Jurnalul National sebagai "penasihat politik Rumania tunggal untuk kebijakan luar negeri di Kongres Amerika" (menurut artikel itu, pada awal 2005 ia melayani di staf anggota DPR Stephen Lynch (Democrat, Massachusetts)):

Di Amerika, "anak yatim" Rumania terkenal. Semua orang bertanya padaku tentang mereka. Hanya itu yang mereka ketahui. Hanya anak yatim, Ceausescu, dan Dracula. Itulah tiga pertanyaan yang selalu saya ajukan. "Anak-anak Yatim Rumania" selalu ada di TV. (Ana-Maria Luca, "O romanca la Capitol Hill [A Roman Girl on Capitol Hill]", Jurnalul Nasional, 25 Februari 2005, edisi online).

Rasa frustrasi Alexandra Toma tidak unik. Alexandra Diaconu menulis artikel yang sangat bagus dengan julukan berjudul "Cum ne vindem tara (Bagaimana kita menjual negara kita)" – judulnya mungkin sebuah permainan tentang nyanyian yang terkenal dari para penambang yang mengamuk pada Juni 1990, dengan apa yang negara itu diidentifikasi dalam kesadaran internasional, terima kasih kepada gambar yang disiarkan dari kebrutalan dan kekacauan brutal "Balkan". (Para penambang berkeliaran di jalanan Bucharest berteriak "Nu ne vindem tara," yaitu, "Kami tidak menjual [out] negara kita. ") Diaconu mengamati:

Ketika Anda mengatakan Prancis, beberapa kata secara otomatis muncul dalam pikiran: anggur, parfum, penyempurnaan, Paris, Menara Eiffel, Louvre, dan daftar terus berjalan. Ketika Anda mengatakan Italia: "la dolce vita [the good life], "Michelangelo, Da Vinci, Pavarotti, Milano, dan mode, Colosseum, Venesia atau [Leaning] Menara Pisa. Ketika orang lain berbicara tentang Rumania, bagaimanapun, dengan asumsi mereka telah mendengar sesuatu tentang kita, mereka berpikir di tempat pertama Dracula, Ceausescu, Nadia, anak jalanan, korupsi, imigran atau, dan bahkan lebih buruk lagi, teroris Rumania imajiner yang masih muncul di pos 1990 film Amerika[Sayaingintahufilmapayangdiamaksuddisinikarenasayasangatakrabdengantopikdantidaktahuapayangdiabicarakan:PanggilakuAhab!Lihatpublikasisayayangterbarutentangtopik"OrwellianPositifOrwellian"KampanyeJaksaPenuntutUmumuntukMembasmiRevolusiRumaniaDesember1989"di[I'mlovetoknowexactlywhichfilmssheisreferringtoherebecauseIamveryfamiliarwiththetopicanddonotknowwhatsheistalkingabout:CallmeAhab!Seemymostrecentpublicationonthetopic”OrwellianPositivelyOrwellian”ProsecutorVoinea'sCampaigntoSanitizetheRomanianRevolutionofDecember1989″athttp://homepage.mac.com/khallbobo/RichardHall/pubs/Voineaswar091706.html ].
… Tanpa pertanyaan, Rumania memiliki masalah gambar. Dalam 15 tahun terakhir, ini telah menjadi sesuatu penolakan nasional yang diulang secara berkala oleh politisi dalam kampanye pemilihan, oleh elit budaya, ketika pers asing menghukum kita secara kritis, ketika ada orang asing yang membingungkan Bucharest dengan Budapest dan ketika orang-orang olahraga kita kembali dari kompetisi internasional yang sarat dengan medali. [Diaconu, Evenimentul Zilei, 5 June 2005, online edition]

Komentar tentang karakterisasi Diaconu terlihat dalam urutan di sini sebelum melanjutkan. Kebingungan Bucharest-Budapest, yang sejujurnya paling tidak bisa dimengerti karena kesamaan dua nama besar dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa, tidak henti-hentinya menjengkelkan bagi warga Hongaria dan Rumania dan spesialis regional – yang merasa terhina dan tidak berdaya untuk mengabaikan ketidaktahuan asing tentang apa bagi mereka yang sederhana, tetapi perbedaan besar. Dan itu penting … sampai memiliki potensi untuk berkontribusi terhadap kebanggaan nasional dan ketegangan antar negara yang terluka. Ketika Kapten Tim AS Dennis Ralston disajikan dengan Piala Davis pada tahun 1972 di Bucharest, setelah apa yang seorang komentator Inggris disebut "kontes paling berisik, paling marah, yang paling menarik dan paling bergairah dalam sejarah kompetisi Piala Davis," Ralston berterima kasih "& # 39; orang-orang baik dari Budapest & # 39; untuk kebaikan mereka dan berbicara tentang kenangan tim AS akan mengambil kembali dengan mereka & # 39; sportmanship Budapest & # 39; … [that this]& # 39; kemenangan yang terkenal berarti Budapest akan selalu diingat oleh tenis Amerika & # 39; "(Keating, The Guardian, 11/28/97). Tentu saja, mungkin kesalahan ini seharusnya tidak surpriving, mengingat bahwa komentator bahasa Inggris menceritakan satu pertandingan bahwa" hakim garis adalah sebagai partisan sebagai kerumunan dan dengan penjaga bersenjata di sekitar pengadilan upaya wasit untuk mengembalikan kemiripan permainan yang adil ditiadakan oleh suasana politik yang mengintimidasi, "sementara pemain Amerika Stan Smith berpendapat," Saya tidak pernah lebih senang berada di luar pengadilan. Setiap penjaga arena tampaknya sedang menjinjing sub-machinegun dan dengan melihat di mata mereka, safety-catch tidak bisa dikokang dan siap. "

Akhirnya, ada penokohan dari para emigran Rumania yang telah menetap di AS dan Amerika yang telah menghabiskan waktu lama di Rumania. "Apa yang dilihat orang Amerika ketika mereka melihat orang Rumania?" Minta Andrei Codrescu dalam The Disappearance of the Outside. "Tiga hal: Dracula, Eugene Ionesco, dan Nadia Comaneci. Dengan kata lain, seks, absurd, dan kemampuan senam" (hal. 42) (Ileana Florentina Popa, "Stereotip Budaya: Dari Mitos Dracula hingga Diaspora Kontemporer Produksi, "tesis VCU, p. 77, Mei 2006 di [ /etd.vcu.edu/theses/available/etd-07212006-171925/unrestricted/popaif_thesis.pdf].). Dengan kata lain, pada dasarnya plotline untuk episode Seinfeld yang memperkenalkan tulisan ini!)

Merek-ing Rumania: Beyond "The Bottom of the Heap"

Citra atau "merek" Rumania itu, bukan murni isu politik partisan, dan kemudian dibatasi, telah semakin disadari oleh mereka untuk apa itu masalah bisnis, kenyataan hidup, bukan masalah permainan malu intelektual. "Citra Rumania" bahkan telah melahirkan situs web BRANDING- [http://www.brandingromaniaia.com] -untuk mendiskusikan masalah membangun, mendekonstruksi, dan merekonstruksi stereotip. Pada 24 Juni 2005, Corin Chiriac mendapatkan bola bergulir dengan meminta poster tentang persepsi mereka tentang "stereotip orang Rumania dan Rumania." Contoh berikut diberikan untuk memicu perdebatan:

Tokoh dan Kepribadian: Ceausescu, Dracula, Nadia Comaneci, Hagi [famous soccer player], dan cerita rakyat.

Karakter dan Perilaku: sa moara capra vecinului [screw your neighbor], prosta organizare [poor organization] (garis dan garis terutama dibentuk dengan buruk, mengabaikan jam yang dijadwalkan), kurangnya penghormatan terhadap aturan (potong ke depan mentalitas garis)

Peristiwa: Revolusi 1989, Cerbul de aur [annual Brasov-based talent show], mineriadele [referencing the five brutal journeys of the miners towards Bucharest in 1990, 1991, and 1999]

Tempat: Bucharest, Delta Danube, Lembah Prahova (Predeal, Sinaia), Sfinxul

Monumen atau bangunan: Casa Poporului [Ceausescu's “House of the People” monstrosity], Hotel Intercontinental, biara-biara di Bucovina, kastil Bran.

Situs web itu tampaknya sebagian bertanggung jawab untuk refleksi baru tentang masalah "pencitraan branding Rumania" di pers Rumania yang kurang dalam pencarian kambing hitam untuk situasi dan lebih dalam mencari solusi. Pada 25 Oktober 2005, Mihai Ghyka menulis artikel berjudul "Branding Romania-sebuah kapal yang tenggelam di dermaga" di Gandul setiap hari di mana dia berpendapat:

Rumania-negara gipsi. Rumania-negara anak yatim cacat. Rumania-negara yang korup dan kotor. Rumania-sebuah negara yang kurang dalam peradaban. Apakah kami menyukainya atau tidak, ini adalah asosiasi yang paling sering muncul di benak orang asing ketika ditanya apa yang mereka ketahui tentang Rumania. Selama lebih dari 15 tahun, citra Rumania di dunia telah menjadi sesuatu yang tidak disengaja.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rumania telah menghabiskan anggaran tahunan sekitar 20 juta Euro, mempromosikan secara acak pariwisata, Brancusi [famous sculptor], Produk Rumania, Festival Enescu, dan berbagai pameran komersial … Setiap menteri mempromosikan kegiatannya sebaik yang ia ketahui, sendiri. (Mihai Ghyka, "Branding Romania – vaporul scufundat di pelabuhan," Gandul, 25 Oktober 2005.)

Sebuah refleksi yang benar-benar menarik dan mendalam tentang semua ini dimuat di situs web branding pada 3 Februari 2006 dengan judul "Izin untuk Merek":

Mulai dari nol "Rumania memiliki begitu banyak masalah dalam hal persepsi sehingga menjadi sulit untuk membuat inventaris," kata Valeriu Turcan, presiden Badan Strategi Pemerintah, yang menjadi ujung tombak kampanye branding Romania. "Perbedaan antara Rumania dan negara-negara lain adalah bahwa masa lalu komunis dan pengalamannya tepat setelah tahun 1989 telah jauh lebih negatif dan terlihat di media Barat dibandingkan dengan yang lain." Turcan mengutip laman & # 39; Mineriade & # 39 ;, di mana penambang melakukan perjalanan ke Bucharest untuk membongkar demonstrasi anti-Neokomunis, panti asuhan, dan warga Rumania yang melanggar undang-undang di luar negeri sebagai perusak gambar. "Gambar ini tidak lengkap, ketinggalan zaman dan sangat sulit untuk diubah," tambahnya.

Pakar branding negara, Simon Anholt, mengatakan bahwa masalah ini ada di banyak negara transisi. "Merek mereka masih secara konsisten tercemar dengan citra negatif yang diperoleh di bawah pengaruh Soviet," katanya, "dan mayoritas publik asing belum memperbarui persepsi mereka. Satu-satunya alasan mengapa Bulgaria dan Polandia melakukan lebih baik [than Romania] adalah karena mereka lebih terorganisir dan melakukan sesuatu tentang hal itu. "" Rumania adalah halaman kosong setelah Revolusi dan ini adalah apa yang pertama kali dikomunikasikan, "kata Ioana Manea, managing partner di perusahaan merek dan komunikasi Loco." Hal-hal ini tidak memiliki kedalaman yang biasa mereka miliki. "

Komunisme dan kejatuhannya juga memegang kendali kuat atas imajinasi barat. Pengunjung ke Rumania masih membawa sup paket dan bar Mars, untuk digunakan sebagai mata uang. Mereka juga takut untuk menjelajah setelah pukul 9 malam di malam hari. Antropolog Vintila Mihailescu, direktur Museum Romanian Peasant, mengatakan bahwa dibandingkan dengan negara-negara eks-Komunis lainnya di wilayah Rumania masih, untuk mata luar, masih terlihat label yang kuat dari negara komunis. Sesuatu yang berwenang dan orang-orang telah gagal untuk berubah. "Ketika seseorang, suatu kelompok, suatu bangsa tidak membangun dirinya sendiri sebagai sebuah citra, ia dianggap sebagai satu, yang pertama di tangan," tambahnya.

Masalah lainnya adalah kevakuman pengetahuan yang dimiliki barat dari Rumania. "Banyak warga negara bebas di Eropa bingung antara Budapest dan Bucharest dan Rumania dan Bulgaria," kata Manea. "Kami menipu diri kami sendiri bahwa Nadia Comaneci berarti sesuatu bagi dunia dan semua orang tahu Hagi," kata Naumovici. "Orang Rumania terlalu optimis dan melihat Rumania sebagai tempat terindah di dunia. Pendidikan semata-mata harus disalahkan untuk ini." [Romanians] diajarkan selama sekolah dasar bahwa kita mengalahkan orang Turki, "tambahnya," bahwa kita dapat memperbaiki mobil dengan selembar kawat, sementara orang Jerman harus menunggu sebagian datang dari pabrik. "(Anca Pol, Ana -Maria Smadeanu dan Michael Bird, "Izin untuk merek," 3 Februari 2006, The & # 39; The Diplomat – Bucharest & # 39;)

Wally Olins, salah satu guru magang dari pembuatan citra negara, menyarankan baru-baru ini bahwa Rumania mungkin sudah mengembangkan elemen positif untuk melawan yang negatif terkait dengan "merek" internasionalnya. "Bagian dari Filosofi Olins tampaknya menjadi sesuatu dari jiu-jitsu, membuat limun dari lemon, seperti yang dia sarankan dengan" Rumah Rakyat "Nicolae Ceausescu. Suka atau tidak suka, ini menarik orang asing tentang Rumania Menurut Olins: "Jika saya memberi tahu orang-orang, saya akan pergi ke Bucharest, 20% yakin saya akan pergi ke Hongaria [the Bucharest-Budapest confusion], 20% lainnya bertanya kepada saya untuk apa saya pergi ke sana, dan 15% bertanya kepada saya apakah saya akan melihat istana Ceausescu. "(Wally Olins, wawancara oleh Cosmin Popan," Rumania devine brand fara stirea ei, "Cotidianul, 15 Februari 2007, edisi online). Dengan kata lain, gunakan apa yang Anda miliki, biarkan audiens atau pasar untuk menentukan keunggulan / nilai komparatif. .. dan mengikuti arus.

Nicolae Carpathia

Apa? Anda mengatakan tidak pernah mendengar tentang Nicolae Carpathia? Lihatlah dia di Internet. Terakhir kali saya lakukan [late summer 2005], Nicolae Ceausescu memiliki 67.000 halaman web, Nicolae Carpathia 14,500! (Tentu saja, tidak ada yang bisa menyalakan obor ke Dracula, yang beratnya mencapai 2.270.000 hit Google!)

Nah, jika Anda belum, jangan merasa begitu buruk, saya juga tidak sampai baru-baru ini. Nicolae Carpathia adalah Anti-Kristus dari seri buku Kristen Injili "Kiri ke Belakang" yang menggambarkan visi masa depan berdasarkan pembacaan Kitab Wahyu yang sangat spesifik dalam Perjanjian Baru Alkitab. Selama dekade terakhir, lebih dari 60 juta salinan seri "Left Behind" telah terjual (Michael Standaert, LA Times, 25 Mei 2005)! Film berbiaya rendah berdasarkan seri itu keluar beberapa tahun lalu dengan dibintangi Kirk Cameron, seorang "remaja usia jantung" dari komedi situasi televisi tahun 1980-an "Growing Pains," – Cameron sendiri adalah seorang Kristen yang dilahirkan kembali.

Dr Stu Johnson menggambarkan "Nicolae Carpathia in the Apocalyse Series" dalam sebuah artikel tentang http://www.Leftbehind.com diposting 20 Mei 2004:

Cukup awal di Apocalypse Dawn, kita bertemu Carpathia yang karismatik:
Tidak semua politisi mendorong lebih banyak senjata dan tentara yang lebih besar. Angsa telah mendengar perwakilan PBB dari Rumania bernama Nicolae Carpathia. Anehnya, Carpathia mendorong gencatan senjata di negaranya sendiri. Pada saat dia mendengar itu, Goose tidak pernah berpikir itu akan terjadi. Rumania adalah bagian dari Eropa Timur, yang ditinggalkan yatim piatu oleh pemerintah Komunis Soviet yang gagal, dan menjadi tuan rumah bagi sejumlah diktator yang haus darah yang hanya digerakkan dari jabatan oleh pemberontakan militer yang haus darah. Sebagian besar analis militer mengira bahwa negara itu akan tenggelam dalam kerusuhan politik dan aksi militer selama beberapa dekade ke depan. Sebaliknya, Carpathia mulai menenangkan Rumania, hampir seperti sihir. [emphasis mine] (Dawn, pp. 47-48)

Johnson melanjutkan:

Kemudian, kita belajar lebih banyak tentang Carpathia ketika satelit Rumania disewakan kepada pasukan AS untuk mengisi kekosongan dalam sistem mereka, yang dikirim ke dalam kekacauan oleh "penghilangan" [author's note: ie the Rapture where the “saved” are suddenly and inexplicably plucked from earth to heaven].

"Saya dapat memberi Anda akses ke sistem satelit lain," [said Cody].

Remington melipat rasa frustasinya dengan situasi itu. "Satelit apa?"

"Satelit disewa oleh pemerintah Rumania," kata Cody. "Satelit lain yang dimiliki Nicolae Carpathia dan telah ditawarkan untuk Anda gunakan."

Remington tahu nama itu. Carpathia adalah tokoh internasional, dan bagian dari alasan pasukan penjaga perdamaian PBB dan Pasukan Tentara Amerika Serikat hadir di dalam negeri. Carpathia telah mengambil negaranya sendiri dengan badai, menjadi kesayangan penduduk selama beberapa tahun terakhir setelah turun ke awal yang kurang dari awal. Kemarin, Presiden Rumania telah mengundurkan diri dan menyarankan agar legislatif menunjuk Carpathia sebagai presiden baru mereka [author's note: ie a clear Hindenburg-Hitler analogy here]. Dalam pergantian peristiwa yang mengejutkan, kedua rumah telah dengan suara bulat melakukan hal itu. Sebelum menjadi anggota Dewan Perwakilan di Rumania, Carpathia adalah pebisnis cerdas yang memiliki jari-jarinya di banyak bisnis internasional. Dia menjadi kaya. Remington tidak terkejut mengetahui bahwa Carpathia telah banyak berinvestasi dalam komunikasi, dan satelit akan menjadi salah satu investasi paling alami. (Dawn, pp. 213-14)

Menurut Michael Standaert dalam ulasannya tentang buku terbaru dari seri, "In the Beginning; The Rising: Before They Were Left Behind" oleh Tim LaHaye dan Jerry B. Jenkins, "prekuel ini menetapkan Carpathia sebagai mewujudkan semua liberal stereotip "(Standaert, 2005). Memang, Carpathia adalah pembentukan kelompok konspiratorial "bankir internasional" -bisakah ada kode yang jelas untuk "orang Yahudi"? -Dan, seolah-olah itu tidak cukup, hampir tidak mengejutkan diberikan pernyataan sayap kanan radikal penulis dan Banyak pembaca seri, Carpathia adalah "bayi tabung-rekayasa genetika dengan DNA dari dua ayah homoseksual" [!, the trifecta … how prosaic]. Dan kekuatan Setan diduga menggunakan lembaga-lembaga yang dihargai dan kebijakan atribut hak-hak radikal untuk "kaum liberal" (yaitu kiri dalam bahasa politik hak Amerika) – pasukan PBB, perlucutan senjata, pasukan pemelihara perdamaian, dan televisi satelit (agak ironisnya saya akan menambahkan dengan menggunakan ini oleh para penggalang dana evangelis sendiri !, yang jelas mereka ada dalam pikiran di sini Ted Turner dan bukan Ruppert Murdoch) – untuk membangun "satu pemerintahan dunia" yang kejam.

Gambar-gambar populer dan media yang kabur dari Rumania bersinar melalui karakter Nicolae Carpathia. Ini adalah amalgam yang sederhana dan terus terang. Nicolae Ceausescu, "Genius of the Carpathians" … dan jadi kita mendapatkan "Nicolae Carpathia." Seorang diktator brutal yang pada awalnya dianggap dalam hal positif: ia menampilkan dirinya sebagai seorang yang damai, pendukung "perlucutan senjata", pendukung Israel (padahal sebenarnya tidak), seorang wasit yang netral dalam hubungan internasional di masa yang sulit. Ketika Ceauscus dieksekusi pada Hari Natal 1989, media Rumania secara hiperbolis memproklamasikan "Antikristus Telah Mati" (dekonstruktivisme di kalangan intelektual Rumania di rumah dan di luar negeri dianggap berasal dari mantan komunis untuk secara sinis menggunakan bahasa agama untuk membersihkan dosa-dosa mereka sebelum populasi dan beli kredibilitas – bagi saya ini adalah interpretasi berlebihan.) Rumania dirancang sebagai tempat kekacauan, intervensi militer, dan pemimpin mistik dan politik. Dan jika itu tidak cukup, asisten politik Carpathia bernama Stolojan-nama belakang, kebetulan, dari Perdana Menteri Rumania dari September 1991 hingga November 1992. Satu perbedaan yang menarik, bagaimanapun, itu akan sulit untuk kaum injili untuk menjelaskan adalah bahwa di mana Ceausescu melarang aborsi, Carpathia menampakkan mereka!

Bisa ditebak, dan akan menarik untuk melihat apa yang sebenarnya orang-orang evangelis Rumania pikirkan tentang seri ini, orang-orang Rumania belum geli dengan pemilihan orang Rumania sebagai anti-Kristus di akhir zaman! (Memang, ketika profil politik Theodor Stolojan naik sekali lagi dalam politik Rumania pada awal 2007, harian Cotidianul mencatat pengaruh seri "Left Behind" adalah bahwa "ketika Anda mencari kata & # 39; Stolojan & # 39; di Internet, lima hasil pertama mengacu pada karakter dalam buku, "memimpin penulis untuk membuka" tidak mungkin untuk memperkirakan berapa banyak orang yang digambarkan oleh Rumania dalam buku ini. [for for them Romania] "(Barbu Mateescu," Stolojan si presinedele sint eroi negativi di SUA, "Cotidianul, 17 Februari 2007, edisi online.) Tentu saja, kenyataan bahwa paradigma ini [Nicolae Ceausescu] digunakan adalah karena itu ada-itu mengatakan segala sesuatu yang Nicolae Carpathia adalah Rumania, tidak mengatakan Bulgaria, Albania, atau Hungaria.

Pesenam, Akrobat, dan Pemain Sirkus … Oh My!

Jelas sekali, Nadia telah menjadi templat untuk semua gambar orang Romawi yang berbasis "pesenam" dalam budaya pop Amerika sejak tahun 1970-an. Dalam komedi romantis tahun 1989, "Alibi-Nya," model Ceko Paulina Porazskova memainkan pemain sirkus Rumania (akrobat adalah akhirat, perpanjangan profesional pesenam rupanya) yang cacat dan jatuh cinta dengan karakter yang dimainkan oleh Tom Selleck. Sekuritat membuat cameo dalam film yang berusaha mencegah pembelotannya, meskipun jika saya ingat dengan benar, seperti biasa tampaknya ada beberapa kebingungan politik / budaya / penyederhanaan naskah, dengan referensi kepada mereka sebagai "kgb" atau sejenisnya.

Meskipun tidak ada wawasan besar, menarik untuk dicatat dalam konteks "Alibi-nya" bagaimana Hollywood adalah (a) barometer, jika yang tertinggal, dalam hal hubungan geopolitik. Serial film James Bond, tentu saja, yang paling terkenal dari ini, dengan peran komparatif dari komunis revolusioner Cina yang murtad yang naik pada 1960-an, dengan Barbara Bach bukan hanya bunga cinta Rusia, tetapi sebagai mitra profesional di era détente "The Spy Who Loved Me (1977)," (Soviet semua-tapi-menghilang dari "Moonraker" 1979) dan dengan kembali ke identifikasi langsung dari Soviet dan orang-orang Eropa Timur terkait (Jerman Timur, Ceko, dll.) Sebagai musuh pada tahun 1980-an (pada puncaknya dalam film seperti dalam kehidupan dengan Jenderal Soviet 1983 "Octopussy" menggunakan telur faberge untuk menggarisbawahi Barat, pertikaian di Berlin Timur, dll.). Dengan film seperti "Red Heat (1988)," film sobat-copie, fish-out-of-water, opposites-become-friends (lihat, misalnya, Beverly Hills Cop (1984)) yang menunjukkan Soviet (Arnold Schwarzeneger, Keturunan Austria) dan Amerika (Jim Belushi, keturunan Albania) polisi bekerja melawan momok politik yang benar dari gembong narkoba tahun 1980-an, ancaman bagi masyarakat Amerika dan Uni Soviet yang dapat mereka setujui … setelah semua, bagaimana dengan anak-anak ? Saya percaya anak-anak adalah masa depan kita …), Hollywood memilih untuk menemukan penjahat geopolitik yang lebih benar.

Pada tahun 1989, Gorbachev & # 39; s Soviet Union bukan penjahat geoplitically-benar; Di sisi lain, Rumania Ceausescu, akan sangat menarik untuk melihat bagaimana naskah serupa ditulis satu dekade sebelumnya, ketika Rumania berada di puncak dunia geopolitik Barat. Tentu saja, jika penciptaan negara-negara musuh fiksi-sindiran dengan baik dalam serial film Austin Power, Kreplakistan-dapat menyebalkan dan itu sendiri masih merupakan stereotip campuran dari Uni Soviet, dari Ukraina ke Asia Tengah, pencarian di Hollywood. untuk musuh kontroversial paling kotak-kantor-konsensual dapat memiliki reaksi, terutama tahun kemudian. Lihat, misalnya, substitusi musuh-musuh Timur Tengah generik untuk Soviet dan yang lainnya pada 1980-an berlanjut; pilihan, misalnya, "teroris Libya" pada 1985 "Kembali ke Masa Depan" mungkin tampak seperti "aman" satu-musuh resmi AS, yang telah menargetkan orang Amerika dalam tindakan teroris (seperti diskotik Berlin pemboman), dan itu memiliki komunitas émigré Libya yang sangat kecil (sebagai lawan Arab) di Amerika Serikat-tetapi jelas bahwa dalam retrospeksi itu jauh dari "aman." Jelaslah, ketika Uni Soviet berkurang, kartel narkoba menjadi membosankan dan membosankan, dan prototipe "mafiya" blok Timur berjalan dengan sendirinya, "teroris Timur Tengah" xenofobia menjadi "berguna." Amerika Serikat, sebagiannya, mungkin menuai sebagian kemarahan yang ditujukan terhadapnya dari kebetulan, pemilihan yang dikendalikan oleh para penguasa di dunia nyata untuk aksi-thriller di dunia pasca-Perang Dingin.

Episode Seinfeld yang memperkenalkan makalah ini – dengan para senam Rumania-cum-acrobat- "Alibi-nya," dll. Membuat saya mempertanyakan apakah ada realitas empiris yang mungkin telah berkontribusi pada kelahiran dan pertumbuhan stereotip ini. Saya belum membandingkan hal-hal secara sistematis dengan situasi para pembelot dari negara-negara blok Timur lainnya, tetapi saya melakukan pencarian singkat di Washington Post dan New York Times tentang masalah ini. Jelas, yang paling terkenal "cacat senam" dari Rumania adalah orang-orang dari Nadia dirinya pada bulan November 1989 dan pada tahun 1981 pelatih Hungaria etnis kontroversialnya Bela Karolyi, istrinya Marta, dan koreografer tim Rumania Geza Pozar (berdasarkan namanya, mungkin juga cukup Hongaria). Pada bulan November 1985, seorang akrobat, Andi Georgescu, yang tampil untuk Ringling Brothers dan Barnum dan Bailey, membelot (WP 11/22/85 A 30a; NYT 11/22/85 II 3: 1). Pada bulan April 1987, dua anak berusia 16 tahun, Carmen Georgescu dan Julia Catrinoiu, baik pesenam maupun akrobat diberikan suaka politik (NYT 4/9/87 II 7: 6; WP 2/24/87 A 14a). Pada bulan Agustus 1987, empat akrobat di California dengan Ringling dan Barnum dan Baileyought asylum (NYT 8/8/87). Ada kemungkinan bahwa cakupan kecelakaan seperti itu, khususnya di media daerah metropolitan besar bisa, dengan osmosis, menciptakan hubungan dan citra ini, khususnya di kalangan intelektual kreatif Amerika? Tentu saja, sekali lagi, seperti yang terjadi di banyak contoh yang diangkat dalam makalah ini, ada masalah ayam-atau-telur, karena cakupan dan perhatian yang diberikan kepada jenis-jenis tertentu dari cacat-dari gimnastik / akrobat, dari Rumania-sudah dikondisikan oleh Nadia dan senam Rumania (pada kenyataannya, dalam arti kadang-kadang, sejauh yang mungkin, dibuat "lebih mudah," cenderung mengumpulkan lebih banyak liputan media, dan pukulan yang lebih besar untuk sebuah negara yang prestise telah menjadi terikat pada masalah ini ).

The Magical and the Mystical

Sebagai tempat penyimpanan untuk okultisme, untuk kejahatan, untuk dunia spiritual yang misterius, Rumania menjadi taruhan yang baik untuk acara televisi Amerika selama awal dan pertengahan 1990-an. Jadi, episode 5 Mei 1993 drama "Law and Order" yang berjudul "Securitate," memiliki pengacara yang memohon bahwa klien imigran Rumania yang dituduh melakukan pembunuhan adalah "tidak bersalah karena kegilaan budaya" yang mengklaim bahwa dia "dikondisikan untuk melakukan kekerasan. di tanah airnya "[!]. Tentu saja ada ironi besar di sini, bahwa apa yang dalam konteks Amerika mungkin tampak sebagai "pemahaman" – sensitif terhadap perbedaan budaya, mengakui pengaruh sosial pada tindakan individu – tidak diragukan lagi akan mengisyaratkan kemarahan Todorova terhadap klasik " Balkan "stereotip. Selain itu, mengingat waktu episode (Mei 1993), setahun ke dalam konflik Bosnia, argumen "kegilaan budaya" bermain baik ke dalam mentalitas "kebencian kuno" Kaplanesque yang begitu umum pada saat itu. Dan untuk melengkapi semua ini, tiga karakter utama dalam episode memiliki nama belakang Iliescu!

Aspek pariwisata magis-magis Rumania lebih baik dieksplorasi dalam episode 14 April 1995 dari "X-Files" di mana penari tradisional kesuburan rakyat Rumania, "Calusari," menjadi kiasan untuk menangkal kejahatan. Di episode ini, bahasa Rumania muncul lagi. Seorang tokoh dalam episode tersebut mengomentari Calusari: "Di Rumania, mereka bertanggung jawab atas pengamatan yang benar terhadap upacara sakral." Sebuah kapsul episode memperluas peran mereka dalam plot:

Ketika Steve Holvey kemudian tewas dalam kecelakaan aneh, abu dari tempat kejadian diidentifikasi sebagai zat yang disebut Vibuti, abu suci yang diproduksi selama kehadiran makhluk spiritual. Nenek kemudian meninggal saat melakukan ritual perlindungan pada Charlie dan ketika seorang pekerja sosial mempertanyakan Charlie tentang insiden itu, dia mengklaim saudara kembarnya yang masih lahir, Michael, membunuhnya. Yang datang sebagai kejutan bagi Maggie Holvey, yang mengklaim dia tidak pernah memberi tahu Charlie tentang saudara kembarnya yang mati. Tampaknya keluarga hanya berharap adalah kelompok aneh dari pelawak tua Rumania yang disebut The Calusari.

Eksotis dan takhayul berefek sepenuhnya: Rumania Bram Stoker memenuhi FBI pemburu UFO dan supernatural.

The "Romanian Quintuplets" South Park Episode:
A Cornucopia of Modern Romanian Pop Images di Amerika Utara

Acara komedi, seringkali tidak menyenangkan, juga telah menggunakan gambar Rumania untuk efek yang baik. Misalnya, serial komedi Inggris tahun 1990-an, "Absolutely Fabulous" di mana perancang busana layabout, alkohol, dan pemeliharaan tinggi mengancam putrinya yang lurus bahwa dia akan mengadopsi anak yatim piatu Rumania jika putrinya tidak akan mengundangnya ke presentasi sekolah. Ancaman itu menjadi bumerang ketika asistennya yang berpikiran jernih benar-benar mengikuti ide tersebut dan bayi yatim piatu Rumania mulai berdatangan ("Iso Tank," 10/3/92). Namun, trifecta, grand slam, dari Amerika (meskipun pencipta pertunjukan adalah Kanada) gambar dari Rumania-dan satu yang sebenarnya dimaksudkan, tampaknya, untuk menjadi hanya itu-disebut "Rumania Quint (uplet ) "episode serial kartun" South Park. "

The "South Park" episode dari tahun 2000 (Original Air Date: 26 April 2000) adalah satir dari Elian (alias Alien) Gonzalez saga dari musim semi tahun itu-yang bisa dibilang absurd dibuat-untuk-kabel / satelit "dua puluh empat / tujuh "saluran televisi berita sepanjang waktu, dengan para imigran Kuba di Florida berusaha mencegah kembalinya bocah tujuh tahun ke ayahnya di Kuba. Dalam retrospeksi, mengingat seluruh kegagalan Florida dalam pemilu tahun 2000 – dan saya tidak mengetahui adanya studi yang secara khusus melihat masalah ini meskipun mereka mungkin ada – orang harus bertanya-tanya apakah liputan televisi tentang saga dan ketertarikan terhadap Kuba dan komunitas lain di Florida mungkin telah berkontribusi dalam beberapa (meskipun dengan ragu memutuskan) mengukur hasil pemilihan. The South Park episode memiliki orphan pesenam Rumania / akrobat dari sirkus membelot dari birokrat komunis-suka dan negara yang digambarkan dalam istilah yang paling negatif.

Episode ini berisi sejumlah karakteristik dan stereotip gambar orang-orang Romawi (Utara) Amerika. Seorang wanita Rumania diberi nama "Mrs. Vladchick," seseorang dapat mengasumsikan semacam kombinasi gaul dari Vlad (Tepes, alias Dracula) dan "cewek" (juga, dengan mudah mengakhiri untuk beberapa (terutama Selatan) Slavia nama terakhir dalam bahasa Inggris). Nama dan bahasa adalah pseudo-slavic: meskipun seorang gadis bernama Nadia (keturunan yang jelas dari Olimpiade & # 39; 76), yang lain bernama Baltania, sementara Mrs. Vladchick melakukan percakapan dalam "Rumania" yang berpusat di sekitar omong kosong: "Nid kelmin da bushka." Perlu juga dicatat bahwa ide "quintuplets" -seperti-sirkus-acara-untuk-dilihat mungkin dipengaruhi oleh kisah lima saudari Kanada Perancis-Dionne quintuplet-yang diperlakukan dengan cara ini di tahun 1930-an di Kanada tanpa memperhatikan nasib mereka (cerita itu diberi permainan luas di akhir 1990-an, dan ini mungkin link).

Seorang reporter televisi merangkum latar belakang dan adegan sebagai Quintuplets dari Mrs. Vladchick dari perjalanan "Cirque de Cheville" yang mencoba untuk membelot:

Di sini, saya berdiri di rumah di South Park tempat lima gadis kecil yang berharga telah diselamatkan dari Rumania. Ibu mereka meninggal beberapa bulan yang lalu, dan kemudian nenek mereka meninggal karena berusaha membawa mereka ke sini. Tapi semuanya baik-baik saja sekarang, dan orang-orang datang dari seluruh negeri untuk melihat tykes kecil. [someone takes a picture] Jika Anda ingin turun dan mengunjungi quintuplets, tiket masuk hanya $ 5, dan untuk beberapa dolar lebih["FEEDTHEQUINTS!OneDollar"kamubisamemberimerekamakanstikikan[“FEEDTHEQUINTS!OneDollar”youcanfeedthemfishsticks

A Quint: [hops up and down, then opens her mouth for a fishstick the man drops down to her] Mmm.

Reporter: Tom, sepertinya gadis-gadis kecil yang imut ini berhasil keluar dari ketiak negara yang mereka sebut Rumania.

[Romania, day. Government officials watch the report in a run-down office]

Reporter: Ya, untungnya bagi mereka, quintuplets ini tidak lagi harus hidup
Rumania, bajingan dunia. [a last shot of the quints is seen] Kembali kepadamu, Tom.

Presiden: Ini tidak bagus. Itu membuat negara kita terlihat miskin dan bodoh.

Pejabat Rumania: Ini bisa mematikan pariwisata kita.

Presiden: Anda tahu apa yang harus dilakukan. [they salute him and leave.]

(Catatan penulis: dari Episode 403 "The Quintuplets," skrip dapat ditemukan online di banyak situs, misalnya, [http://www.southpark.dsl.pipex.com/scripts/scr403.shtml], keterangan seperti yang ditemukan dalam skrip).

Dalam adegan kemudian, salah satu anak South Park, Cartman, mencoba meyakinkan quint bahwa mereka tidak ingin kembali ke Rumania, dengan mengatakan, “Di Rumania mereka hanya menindas Anda dan mencoba menjatuhkan Anda. “Semua itu sia-sia, karena, seperti halnya Elian Gonzalez, Quints & # 39; ayah datang ke depan, dan (kemudian Jaksa Agung) Janet Reno turun pada hari Minggu Paskah dalam setelan Kelinci Paskah, menangkap gadis-gadis itu dengan todongan senjata dengan prajurit bersenjata lengkap di latar belakang.

"Vlad," yatim piatu, pesenam / akrobat, Rumania sebagai negara miskin yang bergantung pada pendapatan turis dan dijalankan oleh birokrasi yang tidak beralasan dan menindas serta presiden yang agresif – citra / stereotip semuanya ada di sini. Ironisnya, South Park dan episode ini barangkali lebih condong pada masyarakat Amerika yang satir (Utara) dan kemunafikan, absurditas, dan kesucian politisi, kelompok minat khusus, dan media. Namun, dengan Rumania sebagai prop, mereka berhasil menciptakan "badai sempurna" dari ikonografi budaya pop romantik (walaupun sebenarnya, kebenaran politik selalu menjadi sasaran, tidak pernah menjadi belenggu bagi pencipta kartun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *